1177 B.C. (Revised and Updated): The Year Civilization Collapsed

1177 B.C. (Revised and Updated): The Year Civilization Collapsed

Sosiologi Meskipun integrasi sosial telah tercapai dan kondisi sudah aman terkendali, integrasi sosial perlu dijaga. upaya menjaga integrasi sosial dapat dilakukan dengan cara .....

Meskipun integrasi sosial telah tercapai dan kondisi sudah aman terkendali, integrasi sosial perlu dijaga. upaya menjaga integrasi sosial dapat dilakukan dengan cara .....

Beberapa upaya yang dilakukan untuk menjaga integrasi sosial di dalam suatu masyarakat antara lain adalah sebagai berikut:

  • Dengan menanamkan sikap toleransi dan menepis sikap etnosentrisme dalam diri setiap masing - masing anggota masyarakat.
  • Dengan menanamkan kesadaran bahwa masing - masing dari anggota masyarakat mempunyai Hak Asasi Manusia (HAM) yang melekat.
  • Dengan menanamkan kesadaran bahwa setiap masing - masing anggota masyarakat adalah manusia yang merupakan makhluk sosial dan membutuhkan anggota masyarakat yang lainnya.
  • Dengan menyediakan fasilitas yang dapat berupa pendidikan multikultural bagi suatu masyarakat.
  • Dengan mendalami dan berusaha mengamalkan nilai - nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai dasar dari negara Indonesia.

Pembahasan:

Integrasi sosial adalah salah satu proses penyesuaian unsur - unsur yang saling berbeda dalam suatu kehidupan masyarakat sehingga dapat menghasilkan pola kehidupan suatu masyarakat yang mempunyai keserasian. Integrasi sosial merupakan suatu keadaan yang diharapkan pasca konflik. Walaupun nantinya konflik yang terjadi dapat terselesaikan, tetapi integrasi sosial tetap dipertahankan. Perlunya dilakukan upaya untuk memulihkan kembali keadaan suatu masyarakat pasca konflik, yakni dengan melakukan rekonsiliasi konflik.

Rekonsiliasi adalah salah satu proses resolusi konflik yang mentransformasi ke kondisi sebelum terjadinya konflik, yakni kondisi kehidupan yang damai dan juga harmonis. Dalam upaya rekonsiliasi, tindakan pengakuan kesalahan dan permintaan maaf wajib untuk dilakukan. Tindakan pemaafan penting untuk dilakukan karena rekonsiliasi akan terjadi apabila kedua belah pihak sama-sama menyepakati ditempuhnya jalan pemaafan. Kedua belah pihak harus dapat membangun suasana yang saling percaya dan bersedia untuk mewujudkan sebuah hubungan dengan semangat yang baru.

Pelajari Lebih Lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang upaya menjaga integrasi sosial dalam masyarakat yang majemuk​ https://brainly.co.id/tugas/24864507

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

[answer.2.content]