1177 B.C. (Revised and Updated): The Year Civilization Collapsed

1177 B.C. (Revised and Updated): The Year Civilization Collapsed

Sosiologi Menurut auguste comte, kemajuan progresif peradaban manusia mengikuti suatu pola yang pasti, yaitu .....

Menurut auguste comte, kemajuan progresif peradaban manusia mengikuti suatu pola yang pasti, yaitu .....

Menurut Auguste Comte, kemajuan progresif peradaban manusia mengikuti suatu pola yang pasti, yaitu:

1. Pola zaman Teologis

2. Pola zaman Metafisik

3. Pola zaman Positif

Pembahasan

Auguste Comte adalah seorang ilmuwan yang dinobatkan sebagai Bapak Sosiologi Dunia karena beliau yang pertama kali menciptakan istilah sosiologi. Auguste Comte lahir pada 19 Januari 1798 di Perancis dan meninggal tahun 1857.

Ilmu sosiologi lahir saat jaman revolusi di Perancis dimana Auguste Comte melihat sesuatu fenomena perubahan kehidupan sosial yang terjadi di masyarakat Perancis akibat dari pecahnya perang revolusi tersebut. Auguste Comte berhasil mengkategorikan perkembangan manusia pada waktu itu melalui 3 pola zaman:

1. Pola zaman Teologis dimana manusia percaya bahwa segala sesuatu yang terjadi di alam sekitar adalah karena pengaruh kekuatan roh atau dewa. Untuk itu muncullah paham animisme dan dinamisme.

2. Pola zaman Metafisik dimana manusia percaya bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia disebabkan oleh kekuatan alam itu sendiri. Kekuatan ini dipahami memiliki pengertian abstrak yang berhubungan dengan alam.

3. Pola zaman positif dimana pola zaman ini dianggap yang paling tinggi dari kehidupan manusia. Pada zaman ini manusia melihat sudut pandang kehidupan berdasarkan fakta-fakta yang ada dan unsur sebab akibat melalui pendekatan-pendekatana ilmiah.

Pelajari lebih lanjut

Penjelasan tentang Auguste Comte https://brainly.co.id/tugas/6953080

Penjelasan tentang Auguste Comte https://brainly.co.id/tugas/3404040

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

[answer.2.content]